PELAYANAN YANG “SENYUM” DI BPMPPT


Created At : 2013-06-17 05:40:39 Oleh : BPMPPT Artikel / Berita Dibaca : 569
    Pelayanan publik sebenarnya memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan pelayanan yang diberikan oleh dunia usaha meskipun ada perbedaaan mendasar diantara keduanya. Perbedaan tersebut adalah tidak ada keuntungan secara materi yang diterima dalam pelayanan publik, namun dengan pelayanan yang baik akan mendatangkan keuntungan dalam bentuk peningkatan kepercayaan dan partisipasi masyarakat. Paradigma lama yang menganggap bahwa pelayanan publik merupakan hal yang rumit, berbelit-belit, lama dan tidak profesional harus dihilangkan. Dalam menentukan apakah pelayanan publik yang dilakukan pemerintah sudah baik atau belum memerlukan suatu kajian yang terus menerus, karena standar pelayanan publik yang dimunculkan oleh pemerintah untuk suatu kebijakan yang dianggapnya sudah baik, belum tentu sesuai dengan ukuran baik yang diharapkan oleh masyarakat.
    Persoalan pelayanan publik juga ada pada sisi mindset dan culturset. Namun melakukan perubahan mindset dan culturset bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan komitmen dari pihak pemberi layanan sekaligus dorongan yang kuat dari kelompok masyarakat sebagai faktor eksternal perubahan. Pelayanan publik yang baik memiliki prinsip yang dapat dijadikan acuan, diantaranya :
1.    mengutamakan pelanggan;
2.    sistem yang efektif;
3.    melayani dengan hati nurani;
4.    perbaikan yang berkelanjutan;
5.    pemberdayaan masyarakat.
Dengan melandaskan pada kelima prinsip diatas, Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Trepadu (BPMPPT) Kabupaten Magelang terus bergerak dan selalu terbuka menerima masukan untuk perbaikan pemberian pelayanan.
    Di akhir bulan Mei 2013, tepatnya pada tanggal 27, kami mengeluarkan logo yang diwujudkan dalam bentuk pin dan dipakai oleh setiap personil di BPMPPT. Dalam pin tersebut terdapat tulisan SENYUM yang kami artikan sebagai “SELALU NYAMAN UNTUK SEMUA”. Harapan kami dengan memakai pin berlogo SENYUM, dapat diimplementasikan disetiap gerak  keseharian sebagai pelayan masyarakat. Kami menyadari bahwa peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan hal yang mutlak diperlukan mengingat kondisi sosial masyarakat yang semakin baik dan mampu merespon setiap penyimpangan.
   Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat telah membuat pelayanan yang disediakan pihak swasta semakin baik, secara kualitas mereka jauh melampui kita. Kondisi ini akan menjadi alat pembanding bagi masyarakat terhadap pelayanan yang kita berikan, alangkah baiknya pelayanan publik jangan terlalu berbeda jauh dengan kualiatas yang diberikan pihak swasta. “SELALU NYAMAN UNTUK SEMUA” adalah salah satu inovasi pelayanan yang kami berikan, sehingga pada akhirnya masyarakat akan mendapatkan manfaat sekaligus meningkatkan kesadaran berizin untuk kemajuan daerah Kabupaten Magelang.
GALERI FOTO

Agenda

Lomba dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77
Jumat, 12 Agustus 2022